Pilih bekerja di Perusahaan Besar atau Kecil?

Pada saat berkarir sedang berkarir mungkin pembaca akan mencapai suatu titik dimana harus membuat pilihan apakah lebih baik bekerja di perusahaan besar atau di perusahaan kecil. Masing-masing memiliki kelebihan dan perlu dilakukan pertimbangan yang matang.

Saat dulu mencapai titik dimana harus membuat pilihan, saya menemukan sebuah pertanyaan bagus yang menjadi dasar pengambilan keputusan saya

Mana yang lebih baik? Menjadi Ikan Besar di Kolam Kecil atau menjadi Ikan Kecil di Kolam Besar?

Kolam mana yang cocok?
Kolam mana yang cocok?

Kita ibaratkan Perusahaan adalah Kolam dan kita sebagai Ikan.

Bekerja di Perusahaan Kecil memberikan kesempatan memaksa kita untuk Tumbuh dengan cepat. Job Description belum jelas atau kurangnya Pegawai bisa menjadi alasan dimana satu orang bisa diminta untuk melakukan berbagai hal ataupun multiple Job Description. Walaupun ini terasa mengambil keuntungan dari keluguan pegawai, menurut saya ini adalah kesempatan yang baik untuk tumbuh. Apalagi bagi Fresh Graduate yang Daya Tangkapnya masih cepat.

Turn Over pegawai besar dan kesempatan Promosi juga lebih terbuka. Dalam waktu beberapa bulan saja bisa seseorang diminta untuk menggantikan pegawai yang sudah resign. Dan jalur Komunikasi di perusahaan jauh lebih cepat karena orangnya hanya sedikit. Pemberian kenaikan Gaji dan Bonus juga lebih Royal sebagai usaha menjaga Karyawan tetap bertahan.

Tetapi disisi lain masih ada kemungkinan tidak stabilnya perusahaan. Bulan ini menerima Bonus besar, bulan berikutnya Gaji terpaksa dipotong karena Bisnis sedang kurang baik.

Berbeda dengan bekerja di perusahaan besar. Jika belum ada Training Map maka Pegawai diharapkan sudah membawa knowledge yang siap pakai. Job Description sudah sangat jelas, ini sangat bagus untuk stabilitas dan memastikan kita tidak diberi pekerjaan lebih. Turn Over lebih rendah yang menyebabkan kesempatan Promosi kecil (apalagi jika Perusahaan memiliki kebijakan untuk hiring External untuk posisi-posisi tinggi). Kenaikan Gaji dan Bonus tidak fexible, semuanya sudah menggunakan perhitungan yang matang karena kenaikan ini akan memperhitungkan peta bisnis, jumlah karyawan, dll. Dan ada masalah pada Jalur Komunikasi dimana Birokrasi panjang adalah hal yang harus kita biasakan.

Mungkin ada beberapa yang merasa sudah sangat mampu untuk bekerja di perusahaan besar dan saya hargai pendapat tersebut. Kondisi akhir yang ideal adalah mencapai posisi yang tinggi di perusahaan yang besar. Tetapi mencapai posisi tersebut tidak bisa dengan Instant, saya mengenal beberapa orang yang berada di posisi tinggi di suatu perusahaan besar setelah bekerja secara Loyal disana selama 15-20 tahun.

Saran saya adalah memulai karir di perusahaan kecil yang memiliki karir path yang baik (jangan perusahaan keluarga dengan kecenderungan nepotisme). Usahakan untuk dapat cepat bersinar dan dipromosikan ke posisi managerial. Setelah itu baru mulai mencari-cari pekerjaan di perusahaan besar. Atau dengan kata lain

Tumbuhlah menjadi Ikan Besar di Kolam yang kecil lalu saat anda sudah mulai terlihat tidak lagi dapat berkembang, mulailah mencari Kolam yang lebih besar

Tentunya ini bukan harga mati untuk sukses. Yang terpenting dimana pun anda bekerja berikan komitmen 100% dan buatlah prestasi anda diperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.