Tips Memasang Beberapa GTM Tag Dalam Satu Halaman Website

Tips Memasang Beberapa GTM Tag Dalam Satu Halaman Website

Pada zaman sekarang ini, website banyak diisi oleh script atau tracking dari pihak ketika, diantaranya adalah Google Analytics, Remarketing Tag (Google atau yang lainnya), Pixel Tag (Facebook atau yang lainnya), dan lain sebagainya. Beberapa diantara kita akan cenderung menghabiskan waktu untuk memasang semua tracking tersebut pada halaman website. Sangat lelah bukan?
Tapi tidak perlu menghela nafas panjang atau merasa susah dengan semua ini, karena Google mengeluarkan sebuah tools yang dirilis pada pertengahan tahun 2012, yang dikenal dengan nama Google Tag Manager (GTM).

GTM ini berfungsi sebagai wadah dari semua tracking untuk website kita. Bisa dikatakan GTM ini sebagai “rumah” untuk tracking yang akan kita gunakan. Mulai dari tracking dari Google, hingga custom tracking dari pihak ketiga. Kita cukup memasangkan GTM pada halaman website kita, dan memasukkan semua tracking yang kita inginkan ke dalam GTM.

Ada kalanya kita akan dihadapkan pada permasalahan dimana kita harus memasang beberapa GTM dalam satu halaman website kita. Memang jarang terjadi jika kita tidak menggunakan website kita untuk keperluan iklan atau sejenisnya. Namun, jika kita menjumpai hal ini, kita bisa melakukan tips berikut ini.

Beberapa GTM diharuskan menggunakan datalayer yang sama.

Tips Memasang Beberapa GTM Tag Dalam Satu Halaman Website

Seperti yang kita lihat pada gambar di atas, implementasinya cukup mudah. Cukup menyeragamkan nama dari datalayer untuk masing-masing GTM yang ingin kita pasangkan. Selanjutnya? Biarkan GTM melakukan tugasnya.

Menggunakan beberapa GTM dalam satu halaman sebenarnya tidak dianjurkan oleh Google. Namun, dalam keadaan mendesak kita bisa menggunakan tips ini.

Semoga bermanfaat.

One Reply to “Tips Memasang Beberapa GTM Tag Dalam Satu Halaman Website”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *