Kebangkitan Fithbiz.com ?

Tahun 2008 situs Fithbiz.com dibuat dan 5 tahun kemudian sudah saatnya situs ini disegarkan, sepertinya kata-kata yang lebih cocok adalah dibangkitkan dari kubur. Tapi sebelum kita membangkitkan yang sudah mati suri ada baiknya kita mulai dengan sedikit sejarah dari situs ini.

Awalnya dua sahabat yang bersama-sama kuliah di USNI, yaitu Julian GM Alimin (Saya) dan Abdi Wisesa ingin mencoba membuat situs. Ambisinya sih sederhana, ingin dapat duit dari AdSense. Kalau diingat-ingat tujuan mendapatkan uangnya juga sederhana, buat Nikah. Nama Fithbiz ini juga berasal dari kepolosan masa kuliah, saat kuliah kita suka main Counter Strike dan dari kata-kata Fire in The Hole muncullah sebutan FITH. Rasanya seperti masa kehidupan yang lain.

Karena fith.com sudah ada yang punya dan saat pemiliknya dihubungi mereka mengatakan Not for Sale maka setelah memutar otak kita membeli domain fithbiz.com. Dan agar ga kelihatan Norak kita bilang kalau itu singkatan dari Free IT Help. Walaupun itu terdengar janggal, ngakunya Free tapi ada Biz yang berasal dari kata Biznis/Bussiness. Entah apa yang kita pikirkan saat itu.

Dulu kita buat Komitmen, pokoknya per minggu harus posting 5. Yang setelah beberapa minggu menjadi 2. Dan akhirnya gagal. Terhitung hari ini Saya berhasil posting 6 dan Abdi 26. Sorry Abdi :P. Jenis Komitmen StartUp ini saya namakan Komitmen H2TA atau dikenal sebagai Hangat-hangat Tahi Ayam (kalau hangatnya habis maka yang bersisa adalah?). Semoga tidak semua StartUp yang saya ikuti berakhir seperti ini.

Sudah 5 tahun berjalan sedangkan Hosting dan Domain dibayar terus. Kenapa? Saya mendapatkan penawaran yang murah dulu, bayar 696rb setahun dan mendapatkan 25GB Space dan 250GB Bandwidth dan situs personal saya julianalimin.com juga nebeng disini. Tapi sayang kalau situs ini tidak berlanjut jadi saya putuskan untuk mencoba menjalankan lagi Situs ini, tapi dengan ambisi dan arah yang berbeda.

Situs yang dulu dibuat dengan Bahasa Inggris karena masalah Adsense tadi. Versi 2 ini ingin saya buat dalam Bahasa Indonesia karena beberapa alasan (Audiencenya, Pengalaman yang saya share mungkin sudah diulas dalam Bahasa Inggris, dan rasa malas menterjemahkan ke Bahasa Inggris).

Dulu berharap bisa kaya raya dari AdSense, sampai-sampai bisa berhenti bekerja di Kantor dan hanya nulis-nulis santai di rumah, sekarang saya ingin membagi pengalaman-pengalaman saya saja. Pengalaman apa yang bisa saya share? Pengalaman-pengalaman saya bekerja di DataOn selama 7 tahun (dan masih bertambah), yaitu mengenai Management, Project Management, IT, Coding, DBMS, dll.

Agar benar-benar fresh maka saya buat WordPress Blog yang baru dengan alamat http://fithbiz.com/v2, situs yang lama masih bisa diakses di http://fithbiz.com/press. Settings dan Themes saya biarkan di default saja dan hanya melakukan installasi Plugins yang menurut saya harus ada. Sambil jalan pelan-pelan akan saya tentukan arah dari situs ini tapi yang penting bisa mulai belajar berjalan dahulu.

Semoga situs ini tidak hanya bangkit dari kubur agar bisa mati suri lagi setelah beberapa bulan/minggu (seperti yang sudah-sudah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *