Belajar Ionic – Pendahuluan

Saya baru menyelesaikan Dasar Logic Security dan CRUD Aplikasi InSys2 (Internal System milik Kantor) menggunakan Framework ColdBox berbentuk REST API. Untuk Akses ke APInya sendiri saat ini di kantor menggunakan extJS. Rasanya sekarang sudah saat yang tepat untuk berpikir ke arah selanjutnya yaitu penerapan ke Mobile.

Awal tahun saya sempat membandingkan antara Cordova/Phonegap dan Appcelerator/Titanium. Dan saat itu saya memutuskan untuk menggunakan Appcelerator. Tetapi seiring waktu saya perhatikan bahwa salah satu Guru Online saya, Raymond Camden aka ColdFusion Jedi, sering posting mengenai Phonegap dan betapa mudahnya membuat aplikasi cantik dengan Framework Ionic. Dan kebetulan pada saat Logic Dasar InSys2 selesai Raymond Camden memposting Video di Blognya saat memberikan Presentasi di NCDevCon.

Dalam Video berdurasi 45 menit tersebut, Ray memperlihatkan betapa mudahnya membuat aplikasi dengan Ionic dan ini membuat saya memutuskan untuk mencoba belajar Ionic di Waktu Senggang saya.

Saya kira mudah, ternyata saya salah

Agar pengalaman saya bisa bermanfaat untuk orang banyak, akhirnya saya memutuskan untuk mendokumentasikan perjalanan saya dari mulai Installasi sampai akhirnya sebuah App sederhana bisa saya selesaikan.

One thought on “Belajar Ionic – Pendahuluan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *